Sebagai upaya mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan Tahun 2020, KPU Kabupaten Tapanuli Selatan melaksanakan kegiatan Kunjungan Penguatan Kelembagaan ke KPU Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan dari tanggal 8 sampai dengan 11 Desember 2020. Pelaksanaan kegiatan penguatan kelembagaan ini dilaksanakan sesuai Surat KPU Kabupaten Tapanuli Selatan, Nomor : 1131/HM.03.1-SD/KPU-Kab/1203/XII/2019, tanggal 02 Desember 2019.

Kegiatan penguatan kelembagaan ini turut didampingi oleh Komisioner KPU Provinsi Sumatera Utara, Syafrialsyah dan Kabag Hukum Sekretariat KPU Provinsi Sumatera Utara, Maruli Pasaribu. Sedangkan rombongan KPU Kabupaten Tapanuli Selatan yang melaksanakan kunjungan penguatan kelembagaan pada kesempatan ini diantaranya adalah Panataran Simanjuntak, M.Hum (Ketua KPU Kabupaten Tapanuli Selatan), Efendi Rambe, M.Kom (Koordiv Perencanaan, Data dan Informasi), Kemri Syafii Nasution (Koordiv Hukum dan Pengawasan) dan Ilhamuddin Pulungan (Staf ASN Sekretariat KPU Kabupaten Tapanuli Selatan).

Acara kunjungan didahului penyambutan rombongan KPU Kabupaten Tapanuli Selatan yang didampingi oleh KPU Provinsi Sumatera Utara, yang dilanjutkan dengan penyampaian materi penguatan kelembagaan diantaranya adalah tentang Aplikasi Data Pemilih dan Partisipasi Pemilih oleh KPU Kota Makassar, diantaranya yang hadir adalah M. Farid Wajdi, SH (Ketua KPU Kota Makassar), M. Gunawan Mashar, SH (Koordiv SDM dan Parmas), Romy Harminto, M.Ag (Koordiv Perencanaan, Data dan Informasi) dan Abdul Rahman, M.Ag (Koordiv Hukum dan Pengawasan).

Acara dimulai pukul 14.30 WITA dan berakhir pada pukul 17.00 WITA bertempat di Aula Kantor KPU Kota Makassar, Jl Perumnas Antang Raya No. 2 A, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Ada hal yang menarik yang disampaikan oleh Ketua KPU Kota Makassar pada pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Tahun 2018, bahwa pada pelaksanaannya dengan hanya 1 (satu) pasangan calon melawan kotak kosong. Justeru dimenangkan oleh kotak kosong. Kata beliau, hal tersebut bisa terjadi dikarenakan bahwa tingginya kesadaran demokrasi masyarakat pemilih begitu juga pasangan calon yang berkompetisi untuk tidak melakukan money politic, disamping juga integritas penyelenggara Pemilihan mulai dari KPU Kota Makassar, PPK, PPS dan KPPS nya sendiri.

Di akhir acara, KPU Kota Makassar menyerahkan cendera mata kepada KPU Kabupaten Tapanuli Selatan dan sesudah itu KPU Kabupaten Tapanuli Selatan menyerahkan cendera mata kepada KPU Kota Makassar sekaligus foto bersama.

 

 

 

#KPU_Melayani

#Pemilih_Berdaulat

#Penguatan_Kelembagaan

#Si_ASLA

#Sukses_Pilkada_Tapsel_2020

Silakan Bagikan Post/Page ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •